Sabtu, 27 Mei 2017

pewarnaan bakteri

mikroorganisme adalah makluk hidup yang berukuran sangat kecil (mikroskopis), memiliki bentuk kehidupan serta karakteristik yang khas dan dapat dibedakan dari organisme lain serta mampu hidup di berbagai habitat.
bakteri termasuk dalam mikroorganisme yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) karena bakteri tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, bakteri dapat dilihat dengan bantuan mikroskop namun akan  sulit jika melihatnya langsung pada mikroskop tanpa teknik pendahuluan seperti pewarnaan bakteri. bakteri cenderung transparan tidak berwarna atau tidak memiliki kontras warna dengan lingkungan.
pewarnaan ini dilakukan agar sel bakteri dapat terlihat jelas dan mudah diamatin serta mengetahui sifat fisiologinya berupa reaksi dinding selnya melalui serangkaian reaksi pewarnaan.

jenis-jenis pewarnaan bakteri yaitu

  1. pewarnaan sederhana 
  2. pewarnaan negatif 
  3. pewarnaan kapsul
  4. pewarnaan gram
salah satu teknik pewarnaa yang sering dilakukan adalah pewarnaan gram.


  1. pewarnaan gram merupakan suatu teknik pewarnaan bakteri dengan menggunakan satu macam zat warna dengan tujuan hanya untuk melihat bentuk sel bakteri dan untuk mengetahui morfologi serta susunan selnya. zat warna yang digunakan untuk pewarnaan sederhana umumnya bersifat alkali seperti kristal violet, methylen blue, karbol fuchsin dan safranin.
  2. pewarnaan negatif bertujuan untuk mengamati morfologi organisme yang sukar diwarnai oleh pewarnaan sederhana. teknik ini berguna untuk menentukan morfologi dan ukuran sel. metode ini menggunakan cat nigrosin atau tinta cina.
  3. pewarnaan kapsul merupakan salah satu jenis pewarnaan diferensia yaitu untuk melihat perbedaan diantara sel-sel mikroba atau perbedaan bagian-bagian sel mikroba.
  4. pewarnaan gram adalah suatu metode empiris untuk membedakan spesies bakteri menjadi dua kelompok besar yakni gram positif dan gram negatif berdasarkan sifat kimia dan fisik dinding sel mereka.
  • bakteri gram negatif adalah bakteri yang tidak mempertahankan zat warna metil ungu pada metode pewarnaan gram. sehingga bakteri gram negatif jika dilihat dibawah mikroskop akan berwarna pink atau merah muda.
  • bakteri gram positif adalah bakteri yang mempertahankan zat warna metil ungu sewaktu proses pewarnaan gram. bakteri jenis ini akan berwarna biru atau ungu di bawah mikroskop.

1 komentar: